Pada artikel yang lalu kita telah membahas tentang kekurangan MMANA-GAL, dan pada artikel kali ini penulis akan memberi tips/tutorial bagaimana teknik menggambar yang aman agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan.
Untuk efisiensi waktu dan tempat, penulis akan memberi contoh penggambaran bentuk yang telah kita bahas sebelumnya, yaitu menggambar driver antena Twin Quad. Untuk bentuk-bentuk yang lain pada dasarnya sama saja, asal kita sudah mengetahui trik-nya.
Marilah bersama-sama kita membuka software MMANA-GAL BASIC, kemudian ikuti langkah-langkah sebagai berikut:- Pilih menu Geometri, tulis bagian Freq dengan nilai 145.
- Pilih Calculate, terus Wire edit.
- Akan muncul window baru (Wire edit). Pilih YZ pada menu projection (asumsinya sumbu X kita jadikan antenna direction).
- Pilih New wire.
Kemudian untuk selanjutnya perhatikan gambar beserta petunjuknya.
Urutan penggambaran di atas adalah salah satu contoh (penggambaran yang ideal), tidak harus sama persis. Akan tetapi untuk pemula akan lebih baik seperti itu dulu, hingga tertanam pengertian yang benar. Maksud penulis adalah, apabila kita hendak menggambar bentuk-bentuk antena dobel loop, jadikanlah/selesaikanlah terlebih dahulu bagian terluarnya (perimeternya), sehingga MMANA-GAL tidak salah dalam mendefinisikan. Masalah arah wire (vektor), tidak berpengaruh sama sekali. Jadi sebetulnya MMANA-GAL juga "tidak kaku-kaku amat" dalam kriteria penggambaran form, akan tetapi karena harus ada kriteria perimeter tersebut penulis "tetap menganggap kaku" (Hehehe... boleh kan...?)
Nah.... sekarang saatnya giliran Anda mencoba menggambar ulang contoh di atas, mulai dari mana saja (asal jangan yang bagian tengah [feed point]), mau arahnya dibolak-balik, mau terpisah-pisah (tidak urut), silakan saja. Yang jelas, bentuk atau form pertama yang terbentuk adalah sebuah segi empat dengan keliling sepanjang (0.8 x 6) mt = 4.8 mt. Silakan check di Elemen edit, apabila perimeternya tertulis 4.8 berarti Anda Benar...... (dengan asumsi/syarat panjang setiap rusuknya adalah 0.8). Barulah bagian tengah (feed point element) digambar untuk melengkapi bentuk. Jadi kuncinya adalah bagian feed point element digambar paling akhir.
Kemudian, apabila ada pertanyaan: "Apa yang terjadi pada gambar yang salah?" Jawaban berdasarkan contoh kita di atas adalah: "Apabila kita salah dalam urutan menggambarnya (bagian tengah (feed point) ikut digambar terlebih dahulu), berarti bangun/form pertama yang terbentuk adalah sebuah bangun segi empat yang memiliki panjang setiap sisinya 0.8 mt. Sehingga MMANA-GAL meng-interprestasi-kannya sebagai sebuah kubus, bukan persegi panjang. Boleh Anda check pada gambar yang salah, pasti nilai perimeternya adalah (0.8 x 4) mt = 3.2 mt. Oleh sebab itu pulalah, maka pada bagian sisi luar yang berlawanan dengan sisi luar "kubus (anggapan MMANA-GAL)" tidak pernah disentuh/diubah/dijadikan variabel pada saat proses optimasi. Silakan check dalam mode View pada gambar yang salah, ada bagian sisi yang panjangnya tetap 0.8 mt setelah proses optimasi.
Nah.... sekarang saatnya giliran Anda mencoba menggambar ulang contoh di atas, mulai dari mana saja (asal jangan yang bagian tengah [feed point]), mau arahnya dibolak-balik, mau terpisah-pisah (tidak urut), silakan saja. Yang jelas, bentuk atau form pertama yang terbentuk adalah sebuah segi empat dengan keliling sepanjang (0.8 x 6) mt = 4.8 mt. Silakan check di Elemen edit, apabila perimeternya tertulis 4.8 berarti Anda Benar...... (dengan asumsi/syarat panjang setiap rusuknya adalah 0.8). Barulah bagian tengah (feed point element) digambar untuk melengkapi bentuk. Jadi kuncinya adalah bagian feed point element digambar paling akhir.
Kemudian, apabila ada pertanyaan: "Apa yang terjadi pada gambar yang salah?" Jawaban berdasarkan contoh kita di atas adalah: "Apabila kita salah dalam urutan menggambarnya (bagian tengah (feed point) ikut digambar terlebih dahulu), berarti bangun/form pertama yang terbentuk adalah sebuah bangun segi empat yang memiliki panjang setiap sisinya 0.8 mt. Sehingga MMANA-GAL meng-interprestasi-kannya sebagai sebuah kubus, bukan persegi panjang. Boleh Anda check pada gambar yang salah, pasti nilai perimeternya adalah (0.8 x 4) mt = 3.2 mt. Oleh sebab itu pulalah, maka pada bagian sisi luar yang berlawanan dengan sisi luar "kubus (anggapan MMANA-GAL)" tidak pernah disentuh/diubah/dijadikan variabel pada saat proses optimasi. Silakan check dalam mode View pada gambar yang salah, ada bagian sisi yang panjangnya tetap 0.8 mt setelah proses optimasi.
Yeesss..... Setelah jelas, kemudian ketik OK untuk kembali ke Main Menu, dan silakan Anda lakukan Optimization untuk selanjutnya Anda lihat hasilnya.
Demikianlah akhir dari artikel Cara Menggambar di MMANA-GAL, besar harapan penulis bagi para praktisi yang kemarin mungkin masih bingung ataupun dipersalahkan dalam menggambar (pada hal secara visual bangun tersebut sudah benar), dapat menjadi pencerahan sekaligus semangat untuk belajar sekaligus berkarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar