Seperti yang penulis janjikan pada awal artikel software MMANA-GAL BASIC, bahwasanya penulis akan membahas perihal kekurangan software ini dalam artikel tersendiri. Tujuannya adalah agar pembahasan lebih fokus, efektif sekaligus menjadikan artikel tidak terlalu panjang.
Salah satu kekurangan software MMANA-GAL BASIC yang menurut penulis cukup mengganggu dan mempersulit pengguna, terutama bagi yang baru belajar dan juga pengguna yang mungkin kurang mengenal/mempelajari "kemauan" software ini adalah urutan penggambaran wire yang sedemikian vital. MMANA-GAL sepertinya mempunyai metodologi yang spesifik dalam perhitungannya (dalam hal form dan variabel). Hal tersebut bisa kita lihat dari menu Element edit, yang menampilkan form (bangun atau bentuk), jadi tidak hanya berupa wire beserta koordinat/nilai. Hal inilah yang penulis rasa sebagai kelebihan sekaligus kekurangannya. Kelebihannya adalah bahwa pengguna dapat mengetahui bentuk/bangun dari antena yang digambar/dibuatnya, kekurangannya adalah pengguna harus benar-benar mengikuti aturan main urutan penggambaran menurut "versi MMANA-GAL" agar tidak terjadi kesalahan definisi bentuk/form beserta data awal yang mengikutinya. Inilah yang membuat software menjadi "kurang fleksibel" dari sisi pengguna (user).....
Kemudian untuk urusan variable, MMANA-GAL tidak membebaskan pengguna untuk menentukan variabelnya sendiri (user define) dan juga dasar pilihan variabel yang berhubungan dalam satu elemen dengan mengacu terhadap size X dan atau Y dan atau Z, melalui opsi cooperate with. Oleh karena dalam bentuk-bentuk tertentu (padahal belum terlalu kompleks) MMANA-GAL tidak dapat mempertahankan bentuk aslinya. Sehingga setelah dilakukan optimasi, bentuk antena kita malah menjadi rusak parah..... Khusus untuk bagian ini, dibahas pada artikel yang lain saja ya.....Melanjutkan masalah gambar menggambar, untuk lebih jelasnya kita langsung ke TKP. Sebagai contoh, seorang pengguna ingin menggambar driver "Twin Quad". Apabila salah dalam urutan menggambar (tidak sesuai dengan aturan main MMANA-GAL), dia tidak akan pernah mendapatkan baik hasil yang benar maupun bentuk yang dikehendaki setelah melakukan optimasi.
Marilah kita cermati contoh kasus di bawah ini.
A. Gambar yang Benar.
Dalam contoh ini, pengguna mencoba menggambar driver Twin Quad dengan panjang tiap rusuknya 80 cm (0.8 mtr).

Definisi perimeter yang benar.



Definisi perimeter yang benar.

Setelah kita lakukan optimasi:



MMANA-GAL berhasil menyelesaikan "tugasnya" sesuai harapan, bentuk yang tetap simetris (panjang setiap rusuk adalah sama/identik). Silakan di klik pada setiap rusuk-nya untuk melakukan checking.

Kesalahan urutan mengambar mengakibatkan MMANA-GAL salah dalam meng-interprestasi-kan bentuk sehingga salah dalam menghitung perimeter. Apabila ada yang bertanya: "Mengapa definisi form/bentuk-nya sama dengan gambar yang benar?" Jawabannya adalah: "Kan gambar yang salah juga termasuk form/bentuk dari Quad yang di feed secara vertikal....."
Itulah salah satu contoh betapa "kakunya" aturan main di MMANA-GAL, sehingga sedikit saja kesalahan dalam menggambar akan dapat membuat seluruh pekerjaan/karya kita menjadi sia-sia. Hal tersebut berlaku untuk semua bentuk dobel yang simetris. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam menggambar dan pastikan bahwa apa yang kita gambar tersebut sudah benar melalui "perimeter" pada menu Element edit, atau akan tampak pula pada menu Far field plots yang suatu ketika menjadi tidak semetris pada saat proses optimasi (dengan asumsi free space condition), atau yang paling jelas adalah perbedaan nilai (koordinat) antara kiri dan kanan (sumbu Y) atau atas dan bawah (sumbu Z) dengan asumsi sumbu X sebagai antenna direction.
Kemudian bagaimanakah cara penggambaran yang benar menurut MMANA-GAL....? Sebaiknya ditunggu saja pada artikel berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar